:: Handphone +6281251868998   lp2m.smd@gmail.com
Info LP2M
Monday, 22 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website LP2M UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
9 December 2022

Implementasi Mahasiswa Penting (Peduli Stunting) melalui KKN Tematik Stunting di Provinsi Kalimantan Timur

Friday, 9 December 2022 Kategori : Kegiatan LP2M / KKN / Pengabdian

Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat menyampaikan materi Implementasi Mahasiswa Penting Peduli Stunting melalui KKN Tematik Stunting di Prov. Kaltim

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Perwakilan Kalimantan Timur (BKKBN Kaltim) menggelar Diseminasi Studi Kasus & Pembelajaran Baik Stunting serta Penguatan Mitra Kerja dalam Pelaksanaan Program Pengendalian Penduduk dan Pembelajaran Baik Stunting & Koordinasi Penguatan Kampung KB Di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022. Dilaksanakan di Hotel Selyca Mulia, Jl. Bhayangkara Samarinda, Selasa (6/12/2022).
Kepala BKKBN Kaltim Dr. Sunarto, SKM, M.Adm, KP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan yang dilaksanakan tersebut diikuti 30 (tiga puluh) Instansi yaitu Perwakilan BKKBN Kaltim, BPS Prov. Kaltim, Instansi Pemerintah lainnya, Perguruan Tinggi, Tim PIC Stunting Prov. Kaltim, Satgas Stunting Prov. Kaltim, Sekolah SMA, SMP hingga Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Prov. Kaltim.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk penyampaian hasil diseminasi kasus stunting yang dapat dijadikan sebagai bahan rekomendasi perumusan kebijakan dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kaltim. Serta penyerahan apresiasi dan penghargaan pada para mitra kerja sekolah yang telah menjadi Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna Terbaik.


Acara dilanjutkan dalam Tiga Panel diskusi, salah satu diantaranya hadir narasumber Mustamin Fattah, M.Pd dari Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda) melalui tema “Implementasi Mahasiswa Penting melalui KKN Tematik Stunting di Prov.Kaltim”. Dalam pemaparannya melalui pendampingan mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan stunting di tingkat keluarga.
Sebelum memaparkan bagaimana implementasi Program Mahasiswa Penting di Kalimantan Timur, Mustamin Fattah mengawalinya dengan memaparkan Problem Stunting dalam perfektif Islam: menurutnya, ada tiga aspek yang menjadi konsen dalam rangka pencegahan stunting; Pertama, Allah SWT mengingatkan agar kita tidak meninggalkan atau mewariskan generasi yang lemah “Dzurriyyatan Dhi’afa” (QS: Annisa : 9), Kedua, jangan membiarkan ada orang miskin tanpa memberikan bantuan kepada mereka, karena diantara tanda-tanda orang yang mendustakan agama adalah tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin (QS. Al Ma’un : 3), Ketiga, Islam sangat peduli terhadap Pendidikan, bahwa orang-orang yang berilmu setelah beriman diangkat derajatnya oleh Allah SWT, (QS: Al Mujadilah : 11).
Ketiga aspek itu jika benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat, maka ancaman generasi stunting dapat diminimalisir, karena kemiskinan berhubungan langsung dengan terhalangnya mendapatkan akses Kesehatan, kemiskinan juga berimplikasi terhadap rendahnya Pendidikan, dan semua itu beresiko terciptanya generasi yang lemah atau tidak berkualitas. Generasi yang lemah berbanding lurus dengan resiko stunting.
Pada paparan berikutnya, Mustamin menjelaskan bahwa peran dan keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi memiliki potensi dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, sekaligus mengaplikasikan ilmu untuk pemberdayaan masyarakat.
Pada tahun 2022 KKN dilaksanakan ke 185 lokasi dengan jumlah 1.495 mahasiswa di tiga kota dan empat kabupaten. Dan lebih dari 95% kelompok mengusung tema mengenai pencegahan stunting di dalam tema program kerjanya. Kegiatan yang mahasiswa laksanakan diantaranya mengundang masyarakat terutama ibu-ibu dan mengundang pemateri yang ahli di bidangnya. Materi yang diberikan tentunya terkait pengertian stunting, faktor yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung, serta bagaimana cara mencegah agar tidak mengalami stunting,” lanjutnya.
Target penurunan angka stunting hingga 14% di 2024 harus benar-benar digenjot dengan melibatkan semua pihak, termasuk mahasiswa. “Stunting ini bukan hanya concern orang kesehatan saja, tapi seluruh lintas ilmu. Maka saat memberikan edukasi, mahasiswa juga bisa melakukannya lewat pendekatan budaya setempat dan memberikan contoh. Diharapkan mahasiswa melalui kegiatan KKN dapat ikut memberikan edukasi pemahaman masyarakat tentang pencegahan stunting di tingkat keluarga,” tutupnya.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Kontak

Alamat: Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251

Gedung Perpustakaan Lantai I.

Email: lp2m.smd@gmail.com

Instagram: @lp2m_uinsi

Youtube: LP2M UINSI SAMARINDA

MAPS LP2M UINSI: