:: Handphone +6281251868998   lp2m.smd@gmail.com
Info LP2M
Sunday, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website LP2M UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
24 February 2023

Moderasi Beragama dalam Wujud KKN Kolaboratif

Friday, 24 February 2023 Kategori : KKN / Pengabdian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSI Samarinda menerjunkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama di IAIN Palangkaraya. KKN ini akan berlangsung selama 45 hari sejak tanggal 19 Juli – 1 September 2022.
Ketua LP2M UINSI Samarinda Prof. Alfitri., M.Ag., LL.M.,Ph.D menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud konkret untuk menguatkan karakter keindonesiaan yang plural dan religius. Alfitri menambahkan “Moderasi beragama menjadi jalan tengah untuk menyatukan serta memperkuat sandi-sandi toleransi dan memperkuat pondasi keagamaan di tengah politik agama saat ini. Moderasi beragama yang memiliki nilai-nilai filosofis tinggi dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan ditengah gerusan zaman saat ini.”
Senada dengan Alfitri, Mustamin Fattah, M.Pd selaku Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat juga menyatakan pentingnya moderasi beragama.
“Moderasi beragama bukan merupakan hal baru, hanya saja baru saat ini digalakkan. Moderasi beragama menjadi alternatif untuk mempersatukan dan memperkuat keimanan dalam menjalani rangkaian keagamaan yang dianutnya tanpa memperkucilkan agama lain. Kita sebagai umat beragama tidak hanya merasa empati kepada agama sendiri, namun perlu adanya rasa empati kepada semua umat beragama.” Ucapnya.


Selain melaksanakan KKN di tempat yang multikultural, Mahasiswa UINSI Samarinda melaksanakan KKN bersama mahasiswa dari latar belakang agama yang berbeda. Misalnya dari Institut Agama Hindu Negeri dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya. Setiap kelompok terdiri dari tiga unsur agama yaitu Islam, Kristen dan Hindu (Kaharingan).
“Sebagai informasi, KKN ini ditempatkan di 10 Desa di Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. Ikut mendampingi para mahasiswa ke kota Palangkaraya” tutupnya.

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Kontak

Alamat: Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251

Gedung Perpustakaan Lantai I.

Email: lp2m.smd@gmail.com

Instagram: @lp2m_uinsi

Youtube: LP2M UINSI SAMARINDA

MAPS LP2M UINSI: